Saturday, February 2, 2013

Serangan Israel ke Suriah


Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa Ban Ki-moon menyatakan, sangat prihatin mengenai dengan adanya serangan udara Israel terhadap Suriah.
Suriah juga telah mengeluh kepada Dewan Keamanan PBB dan mengajukan protes resmi.
"Sekjen menyerukan kepada semua pihak untuk mencegah ketegangan atau eskalasi mereka di wilayah tersebut," kata wakil juru bicara PBB Eduardo del Buey.
Suriah pun mengancam melakukan pembalasan, dan mengatakan serangan itu menargetkan pusat penelitian militer. Sementara laporan lain mengklaim Israel menghantam konvoi bersenjata. Israel sendiri belum berkomentar tentang hal itu.
"Sekjen mencatat dengan sangat prihatin laporan-laporan serangan udara Israel di Suriah," kata juru bicara sambil menekankan bahwa PBB tidak memiliki rincian kejadian ataupun pihaknya bisa "secara independen memverifikasi apa yang telah terjadi."
Suriah menyampaikan keluhan resmi kepada Pasukan Pemgamat Pembebasan PBB (UNDOF) yang memantau zona gencatan senjata antara Suriah dan Israel di Dataran Tinggi Golan. Namunt, perhatian UNDOF ternyata sangat minim terhadap aksi serangan tersebut.
"UNDOF tidak mengamati pesawat terbang di atas wilayah pemisah dan oleh karena itu tidak dapat mengonfirmasi insiden itu. UNDOF juga melaporkan kondisi cuaca buruk saat itu," kata del Buey.

No comments:

Post a Comment